handmade & natural

Cara menyimpan sabun yang benar

Posted on: August 7, 2008

Soap_dish_sm

Saya ingin memberitahukan kepada para pembeli yang telah membeli produk saya dalam penyimpanan sabun di kamar mandi, agar lebih tahan lama dan tidak lembek.

  • Gunakan tempat sabun yang memudahkan air bisa mengalir secepatnya, seperti yang ada di gambar.
  • Jauhkan dari shower atau pancuran air, yang menyebabkan sabun menjadi terendam / terkena air.
  • Simpan di tempat yang kering / sejuk, jauhkan dari sinar matahari langsung atau tempat yang lembab.

Kenapa sabun natural lebih lembek / lunak jika dibanding dengan sabun komersial?
Dalam pembuatan sabun natural yang memakai sistem tradisional, maka yang dihasilkan adalah sabun dan gliserin (dengan komposisi sabun 75% dan gliserin 25%). Gliserin adalah produk samping dari reaksi hidrolisis antara minyak nabati
dengan air untuk menghasilkan asam lemak. Gliserin merupakan humektan
sehingga dapat berfungsi sebagai pelembap pada kulit. Gliserin
berbentuk cairan jernih, tidak berbau dan memiliki rasa manis.

Pada proses pembuatan sabun komersial, gliserin yang dihasilkan dari pembuatan sabun diekstrak atau dipisah untuk dijual atau dipakai dalam pembuatan lotion atau produk kosmetik lainnya. Karena gliserin mempunyai nilai ekonomis yang lebih tinggi jika dibanding dengan nilai sabun itu sendiri. Itulah sebabnya jika mandi dengan sabun biasa maka kulit menjadi kering.

Mengenai bagaimana pengambilan gliserin dalam industri sabun komersial?, saya memperoleh dari sini

2 Responses to "Cara menyimpan sabun yang benar"

Mbah Heny yang manis, saya sudah lihat sabunnya, gimana kita ketemu karena saya hanya ketemu di dunia maya aja, jadai kapan ketemu saya mau ambil barangnya

Yth Pak Dahlan,
Sabunnya saya antar ke kantor Bapak hari Selasa ya… well .. kita memang hidup di dunia maya hehe….

Leave a Reply

