handmade & natural

Orange Soap

Posted on: January 22, 2008

Sabun ini memiliki aroma segar, memakai pewangi yang diberi oleh distributor kemarin, hasilnya wanginya benar – benar segar. Saat ini sedang dalam proses curing, sehingga baru bisa digunakan pada bulan Februari nanti.

Yang kusuka dari beberapa jenis sabun ini, ruangan tempat di mana aku membuat sabun menjadi segar dengan aneka wewangian yang keluar dari sabun.

Ingredients : Saponified oils of : Olive, Palm, Coconut, Castor. Enriched with cocoa butter and beeswax. Added with tartazine grade cosmetic colorant and scented with orange fragrance oil.

Ingin melihat koleksi sabun saya??… silakan klik di sini

15 Responses to "Orange Soap"

Hi,
boleh tanya, kalo cocoa butter itu nama indonesianya apa sih ? biasanya beli dimana ? terus beeswax istilah indonesianya apa ? dapat beli dimana ?

Thanks.

Hi Andry….
Cocoa butter bisa disebut lemak kakao atau lemak coklat, bisa didapat di toko kimia yang biasa menyediakan bahan – bahan pembuat kosmetik. Harganya lumayan mahal. Sementara beeswax bisa disebut dengan lilin madu, saya mendapatkannya melalui penjualan online, jadi bisa dicari lewat google. Terima kasih

mbak Heneiz, smoga sehat slalu…
mbak (masih muda kan ya…) sharing aku dong, kalo mau bikin sabun mandi dengan susu kambing gimna? aku dah googling neh, maklum mbak gak iso basa inggris. sharing mbak ya… please doooong kirimin aku email. meskipun aku dah tau resepnya kayaknya aku perlu bimbingan deh. makasih ya… dan ditunggu loh

-Irma

eh mbak kirim ke email suamiku ya… ramdhan30 at gmail.com
makasih loh

Dear Irma,
Membuat sabun dengan susu kambing (dalam bentuk cair) memang sedikit berbeda jika kita membuat sabun dengan air untuk pelarutan alkali. Jika menggunakan air, maka NaOH langsung dimasukkan ke dalam air, namun jika menggunakan susu kambing, maka susu harus dibekukan / minimal setengah beku (lebih mudahnya susu dicetak dalam cetakan es batu, yang biasa dijumpai di lemari es).

Tujuan dari pembekuan ini adalah mencegah terjadinya pemanasan yang berlebih akibat pencampuran dengan NaOH, sehingga lebih aman dalam pencampuran. Selain itu untuk mencegah agar warna sabun tidak terlalu coklat.

Untuk pembuatannya, saya pernah membahasnya di sini

Dik Heniez,

Salam kenal. Saya pensiunan pengacara (pengangguran banyak acara) kepengin deh punya kegiatan bikin sabun sendiri seperti sabunnya dik Heniez yg kelihatannya oke bangetz. Tapi lihat blognya dik Heniez rasanya ko kurang terperinci alias ndak ada jumlah takaran masing-masing bahan. Boleh minta resepnya jeng? (dalam bahasa indonesianya supaya kalau beli bahan ke toko kimia mereka tau apa yg dimaksud…soalnya saya belum tau tu)… dan mungkin kalo ndak terlalu repot, ya dalam takaran cup/cangkir atau sendok makan/teh ataw gram2an biar gampang. hehe….

Terima kasih banyak sebelumnya ya jeng..

Yth, Ibu Mira

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya, khusus untuk Ibu saya bikinkan resep sederhana dengan memakai 3 jenis minyak ;
Minyak zaitun : 510 gr
Minyak sawit : 340 gr
Minyak kelapa : 283 gr
Air : 283 gr
NaOH : 158 gr

Bahan – bahan tersebut di atas, yang perlu dibeli di toko kimia hanyalah NaOH (soda api). Ibu tinggal menyebutkan soda api, maka pemilik toko tahu apa yang dimaksud. Warnanya putih, bisa berbentuk flake (pipih) atau kristal.

Namun yang perlu Ibu ketahui adalah bagaimana tentang pencampuran soda api dan air, Ibu bisa baca postingan saya di sini

sementara teknik pembuatannya, saya pernah mengulasnya di sini
Ok, Ibu Mira selamat membuat sabun

Somehow i missed the point. Probably lost in translation🙂 Anyway … nice blog to visit.

cheers, Penates!!!

mbak saya pengen belajar langsung donk mbak sama mbak cara buat handmade soap,…kalo bs tolong saya dibalas keemail saya yah mbak,..biaya kursusnya ato apa persiapannya thx

Dear Heniez
Maaf tadi ada kesalahan teknis sedikit sehingga belum selesai ngetik sudah terposting
langsung saja saya mau tanya di halaman orange soap anda mengatakan anda di tawarin oleh distributor ttg parfum sabun mandi,boleh saya minta info ttg distributor tersebut? dan berapa harga perliternya?
atas balasanya saya ucapkan terimakasih dan atas kesalahanya saya mhn maaf yang sebesar-besarnya

Dear Kiki,
jawabannya saya kirim by email saja ya… harganya kira- kira 30 USD /kg.

dear heniez
maaf mengganggu anda namun saya ingin menanyakan jawaban email anda yang mau anda kirim ke e-mail saya,sampai sekarang saya belum mendapatkan e-mail dari anda
terimakasih

@ Kiki,
sepertinya ada kesalahan dalam email Anda (email dikembalikan lagi dengan catatan email salah), bisa dikasih email alternatif ?, terima kasih.

Halo Mba Heniez,
Saya tertarik sekali dengan tulisan2 anda..
dan daya ingin sekali mencoba membuat sabun2 ini.
hehe, yah sekedar untuk dipakai sendiri..yang penting kan sehat mba🙂

Oiya, bisa minta tolong kasih info ke saya bagaimana dan dimana tempat mencari/membeli bahan2 pembuat sabun ini?
yah semacam refernesi gituh dari mba heniez..
soalnya saya cari di google, eh malah jadi bingung..mungkin kasih keywordnya salah kali yah😀

Thanks buat infonya mba (tolong dikirimkan ke imel saya yah),
//Ria

Dear Ria,

Untuk memperoleh bahan2 seperti pewangi, pewarna, NaOH bisa dibeli di toko kimia, tapi jika langsung beli di distributor biasanya harus beli dalam jumlah banyak (misalnya 5 – 10 kg).

Sementara minyak bisa didapatkan di toko atau supermarket, terima kasih.

Leave a Reply

