handmade & natural

Postingan pertama

Posted on: April 2, 2007

Saya mulai membuat sabun di rumah beberapa bulan lalu, dan kini menjadi terobsesi tentang sabun. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis pengalaman ini di blog. Beberapa teman saya menanyakan ” Apa yang membuat saya memutuskan untuk membuat sabun sendiri?”. Karena membuat sabun mandi sendiri merupakan hal yang sangat jarang dilakukan orang saat ini. Dan semakin saya mempelajari tentang pembuatan sabun, semakin tahu tentang apa sebenarnya yang terkandung dalam “beauty bar” yang banyak dijumpai di toko maupun super market, bahwa “beauty bar” yang dimaksud tidak lebih dari “syntetic bar“, sabun yang bahan bakunya kurang lebih sama dengan bahan baku yang dipakai untuk membuat detergent.

Dalam pembuatan sabun natural dengan memakai sistem tradisional akan menghasilkan sabun dan gliserin, gliserin adalah produk samping dari percampuran antara alkali dan lemak / minyak yang berfungsi untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Namun dalam proses pembuatan sabun komersial, gliserin yang dihasilkan diambil untuk dijual terpisah karena gliserin mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Gliserin kemudian dipakai dalam pembuatan pelembab maupun body lotion, sementara dalam pembuatan sabun yang memakai cara tradisional / natural, gliserin yang dihasilkan tetap menyatu bersama sabun.

Untuk postingan pertama ini saya kira cukup sekian, di postingan selanjutnya Anda akan menemukan tulisan saya yang lain serta produk – produk yang telah saya hasilkan selama ini.

4 Responses to "Postingan pertama"

Mba Heniez,

Salam kenal sebelumnya. Saya Yulia, saya sedang mencari produk kosmetik (bedak, pelembab, lipstick) dan perawatan mandi (baik sabun, shampo dll) yang tidak mengandung bahan berbahaya sepert SLS, SLES, mercury dan lainnya. Bisakah Mba Heniez memberikan saya referensi merek apa yang sekiranya aman? Bila tidak bisa dibuka di postingan ini, tolong dikirimkan ke alamat email saya saja. Terima kasih sebelumnya.

Slm kenal
Saya mau tanya nh,
Saya dpt tgs skripsi
Saya mengmbl judul pmbtn sbn
Nah saya bingung
Formula perbndingan antara air,naoh dan minyak?
Lalu jika ingn d tambhkan estrak teh hijau gmana?
Lalu mengapa harus d gunakan 3 minyak?mengapa tdk satu jns minyak saja?

Mba heniez,
Saya juwita
Saya ingn tanya la9i,
Mengapa d gunakan glyserin.?
Lalu jika pmbtn sbn natural kan tdk mnggnkn SLS kan?
Lalu mendapatkan agar sbn tsb berbusa gmana?
Mksh sblm’y,

Hello Juwita,
maaf ya balasannya terlambat,
Begini… mengenai formula perbandingan antara minyak, air dan NaOH tidak bisa dirumuskan secara pasti tanpa kita tahu jenis minyak apa yang kita pakai. Dalam soap making ada istilah yang disebut dengan SAP value (saponification value). SAP value ini gunanya untuk menentukan berapa kadar air dan NaOH diperlukan dalam proses pembuatan sabun.

Untuk menambahkan ekstrak teh hijau, ketika minyak dan larutan alkali sudah dicampur dan sabun sudah mulai mengental (trace) maka ekstrak teh hijau bisa ditambahkan.

Mengenai jenis minyak tidak ada aturan baku bahwa membuat sabun harus dengan 3 minyak, satu jenis minyak pun sudah bisa dipakai, cuma pemakaian lebih dari 2 jenis minyak fungsinya unuk memaksimalkan hasil sabun agar hasilnya menjadi sabun yang berkualitas bagus.

Gliserin adalah produk samping yang dihasilkan dari pembuatan sabun itu sendiri, silakan baca di sini.

Supaya sabun berbusa, sebenarnya ada penjelasan ilmiah yang bisa menerangkan, pemakaian minyak kelapa berfungsi sebagai penghasil busa.

Oke, selamat belajar….

Leave a Reply

